10 Cara Meningkatkan CTR Iklan AdSense pada Blog



Mendaftar Google Adsense hanyalah langkah awal bagi yang ingin menghasilkan uang dari Google AdSense.


Langkah berikutnya adalah meningkatkan pengunjung blog dan juga mengoptimalkan iklan AdSense pada blog supaya semakin banyak yang ngeklik.
Nah pada postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara meningkatkan CTR iklan AdSense.

Apa itu CTR?

CTR (Click Through Rate) atau dalam bahasa Indonesia disebut RKT (Rasio Klik Tayang) adalah presentase jumlah klik iklan dari total tampilan/tayangan iklan.
CTR Iklan AdSense
Misalnya jika iklan di blog sobat dilihat 1000 kali dan ada 10 orang yang ngeklik iklan, itu artinya sobat mendapatkan CTR iklan sebesar 1%.

Berapa CTR iklan AdSense yang wajar?

CTR iklan AdSense yang wajar umumnya antara 1% sampai 3 %. Blog sobat mungkin bisa mendapatkan CTR iklan yang lebih besar ataupun lebih kecil. Hal tersebut dikarenakan jumlah CTR iklan bergantung dari banyak hal, salah satunya adalah topik di blog sobat.
Ada beberapa topik blog bisa mendapatkan CTR iklan yang sangat tinggi, selain itu ada juga topik blog yang hanya bisa mendapatkan CTR di bawah 1%.
Salah satu topik blog yang biasanya mendapatkan CTR yang rendah adalah topik blog gado-gado atau blog yang topiknya campur aduk.

Bagaimana cara meningkatkan CTR iklan AdSense?

Entah blog sobat blog gado-gado atau bukan, di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa sobat dilakukan untuk meningkatkan CTR iklan AdSense atau bahasa gampangnya cara supaya yang ngeklik iklan semakin banyak.

1. Gunakan theme/template yang sederhana dan tidak terlalu ramai

Usahakan untuk menggunakan theme atau template blog yang memiliki layout sederhana dan juga tidak terlalu ramai (tidak terlalu banyak warna).
Kenapa begitu, Mas?
Karena tampilan blog yang sederhana dan tidak terlalu banyak pernak-pernik akan membuat iklan bisa tampil lebih menonjol dan akan lebih mudah menarik perhatian pengunjung untuk mengkliknya.

2. Jangan memasang terlalu banyak widget

Meskipun blog sobat menggunakan theme atau template yang sederhana tapi kalau memasang terlalu banyak widget maka sama saja bohong.
Copot widget-widget yang tidak terlalu penting, misalnya widget kalender atau widget statistik blog, dll. Semakin sedikit widget yang terpasang akan semakin bagus. Alasannya sama seperti poin nomor 1.

3. Gunakan theme/template yang tidak terlalu lebar

Desain blog yang terlalu lebar akan membuat mata pengunjung harus bergerak ke kanan dan ke kiri untuk membaca konten di blog. Karena matanya capek akhirnya nggak sempet lihat iklan karena nggak fokus.
Nah kalau desain blognya sempit maka akan membuat mata pengunjung fokus ke tengah dan akan membuat iklan lebih mudah menarik perhatian mata. Ujung-ujungnya pengunjung gatel kepengin ngeklik iklan.

4. Gunakan desain responsive

Pengguna internet sekarang lebih banyak menggunakan perangkat mobile ketimbang desktop. Itu artinya memiliki desain blog yang responsive adalah sebuah keharusan.
Apalagi Google AdSense sekarang sudah menyediakan iklan jenis Responsive.

5. Gunakan ukuran iklan yang direkomendasikan

Google AdSense menyediakan cukup banyak ukuran iklan yang bisa dipilih, bahkan sobat juga bisa membuat ukuran iklan sendiri. Tapi hanya ada beberapa ukuran iklan saja yang memiliki performa CTR yang bagus.
Umumnya semakin besar ukuran iklan akan semakin tinggi nilai CTR-nya. Alasannya sudah pasti karena iklan yang lebih besar akan lebih mudah terlihat oleh pengunjung.
Berikut ini adalah grafik yang saya ambil dari labnol.org tentang nilai CTR iklan dari ukuran paling kecil sampai paling besar:
Ukuran Iklan AdSense yang MaksimalSumber: labnol.org

6. Letakan iklan di tempat yang tepat

Meskipun sobat sudah memilih ukuran iklan yang tepat tapi kalau penempatan iklannya salah maka bisa dipastikan nggak akan efektif.
Berikut ini adalah rekomendasi penempatan iklan yang tepat supaya mendapatkan CTR yang tinggi:
  1. Di bawah judul postingan ukuran 300×250 atau 336×280
  2. Di tengah postingan ukuran Responsive300×250 atau 336×280
  3. Di bawah postingan ukuran 300×250 atau 336×280
  4. Di sidebar ukuran 300×600300×250, atau 160×600
  5. Di header ukuran Responsive atau 728×90

7. Gunakan kombinasi iklan jenis gambar, text, dan link unit

Google AdSense menyediakan 3 jenis iklan, yaitu iklan jenis gambar, text dan juga link unit. Gunakan kombinasi ketiganya supaya iklan yang tampil lebih bervariasi.

8. Kurangi jumlah iklan

Salah satu cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan CTR iklan AdSense adalah mengurangi jumlah iklan yang terpasang.
Cukup pasang iklan di lokasi-lokasi yang mendapatkan nilai CTR yang tinggi. Misalnya di bawah judul postingan atau di tengah postingan.

9. Jangan campur iklan AdSense dengan iklan yang lain

Google AdSense sendiri tidak melarang untuk mencampur iklan AdSense dengan iklan dari program lain. Tapi alangkah lebih baik untuk tidak mencampurnya.

10. Tingkatkan pengunjung blog

Yang terakhir mungkin bukan cara meningkatkan CTR iklan, tapi mau gimana lagi, jika sobat sudah menerapkan cara 1 sampai 9 tapi CTR iklan tetap saja rendah, maka solusi paling gampang adalah dengan cara meningkatkan pengunjung blog.

Penutup…

Mungkin hanya segitu saja postingan saya kali ini tentang cara meningkatkan CTR Iklan AdSense. Jangan lupa untuk melakukan eksperimen sendiri karena setiap blog berbeda-beda.
Bagi sobat yang mungkin punya cara lain nggak ada salahnya untuk dishare di kolom komentar.
Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Cara Meningkatkan CTR Iklan AdSense pada Blog"

Post a Comment